Rabu, 25 Agustus 2010

PROTEKSI TERBATAS : FIREWALL


Lom, Mencabut kabel adalah pekrjaan bodoh dan saya sudah mengerti bahwa proteksi aman 100% dari hacker saat terkoneksi ke jaringan luar adalah tidak mungkin.
Kini bisakah saya memonitor port yang tiba-tiba terbuka atau komunikasi yang akan terjadi ? Minimal saya diberikan suatu peringatan, dengan netstat saya akan jadi dan tidak bisa mencegah jika terjadi komunikasi yang tidak saya inginkan.
Tentu saja bisa, dan jawaban yang anda butuhkan adalah firewall. Jangan berfikir bahwa firewall adalah suatu produk untuk jaringan besar, karena saat ini sudah bertebaran produk yang diberi nama personal firewall yaitu firewall yang ditujukan untuk memproteksi PC.
Beberapa jenis firewall ini yang terkenal adalah ZoneAlarm, Symantec Personal Firewall, Blackle, McAfee Personal firewall, dan sebangsanya.
Sebagai contoh saya menginstal ZoneAlarm di PC yang mempunyai alamat IP 72.47.204.289. pada saat seorang hacker mencoba melakukan koneksi ke komputer saya dari alamat 72.47.204.289, ZoneAlarm akan segera mengeluarkan peringatan.
Saya bisa melihat warning ini, mempelajarinya, dan jika orang yang melakukan koneksi tersebut memang berhak, saya bisa mengijinkannya atau menolaknya jika dia adalah orang usil.
Pada dasarnya personal-personal firewall ini tidak pernah bisa mengetahui koneksi itu legal atau ilegal. Karenanya, peringatan yang selalu keluar ketika suatu koneksi terjadi, tekadang menjengkelkan (bagi penguna yang mengerti) dan terkadang membingungkan (bagi pengguna yang awam) tentang apa yang harus dilakukan.
Terakhir, walaupun personal firewall ini tampaknya menjaga keamanan anda dengan baik terhadap koneksi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, produk ini sendiri tidak terlepas dari masalah. Artinya, bisa saja personal firewall justru menimbulkan masalah karena masalah-masalah keamananya sendiri. Untuk itu, lakukan patch secara berkala dan sekali lagi, TIDAK ADA YANG MAMPU 100% AMAN.

0 komentar:

Posting Komentar

hak cipta oleh Syallom Mahardhika RE[DA-RK]. Diberdayakan oleh Blogger.